RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA N 01 Larangan Brebes
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/semester : XII/1
Tahun Pelajaran : 2014
Materi Pokok : Peta
Alokasi Waktu : 2 x 45 ( menit )
Menganalisis Peta
B. Kompetensi Dasar
Menganalisis Peta dengan dengan kemampuan definisi Peta, Jenis-jenis Peta, dan Komponen-komponen Peta
C. Indikator
1. Menjelaskan kembali pengertian peta
2. Membedakan jenis-jenis peta
3. Menunjukkan komponen-komponen peta
D. Imtaq
"Yang telah menjadikan bagimu bumi, sebagai hamparan (tempat hidupmu), dan yang telah menjadikan bagimu di bumi itu (sebagai tempat ber)jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air hujan'. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu, berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam." – (QS.20:53)
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأرْضَ مَهْدًا وَسَلَكَ لَكُمْ فِيهَا سُبُلا وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْ نَبَاتٍ شَتَّى
Al-ladzii ja'ala lakumul ardha mahdan wasalaka lakum fiihaa subulaa wa-anzala minassamaa-i maa-an fa-akhrajnaa bihi azwaajan min nabaatin syatt(a)
Artinya : (Siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri, dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
E. Tujuan Pembelajaran
1. Mengungkapkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi
2. Membandingkan berbagai jenis peta
3. Mengidentifikasikomponendan kelengkapanpada peta
F. Materi Pembelajaran
- Pengertian Peta
- Jenis-jenis Peta
- Komponen Petasosial
G. Pendekatan dan Metode Belajar
Model Pembelajaran Jigsaw
H. Kegiatan Belajar
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Awal
|
Absensi, prakondisi, Apersepsinya dengan pemanasan
siswa dsuruh berdiri semua untuk pindah tempat duduk yang tidak pindah
dihukum nyanyi
Menempel 2 Jenis Peta di papan tulis
Menggali pengetahuan siswa dengan pertanyaan dasar
|
Mengkondisikan diri siap belajar
Menjawab pertanyaan guru
|
15 menit
|
|
Inti
|
- Membagi
siswa berkelompok menjadi 3 kelompok,
kelompok satu mendiskusikan pengertian peta dari berbagai refrensi, kelompok
2 mendiskusikan jenis-jenis peta, kelompok 3 mendiskusikan komponen-komponen
peta
- Setiap
kelompok ada perwakilan yang
menjelaskan materi yang didapat dengan perwakilan setiap kelompok dipilih
oleh kelompok lain sebagai tantangan
- Mengarahkan
diskusi kelas,
|
Membentuk kelompok
Diskusi Kelompok
Diskusi kelas
|
60 menit
|
|
Penutup
|
- Pemantapan
materi melalui metode ceramah
- Menyelenggarakan
kuis
- Menginformasikan
tugas rumah
|
Memperhatikan ceramah guru
Mengerjakan soal kuis
Mencatat tugas
|
15 menit
|
|
|
Total waktu
|
90 menit
|
|
I. Alat/Bahan/Sumber Belajar/Media
Alat : Alat Belajar Standar, Peta Indonesia dan Peta kemiskinan di Cirebon
Bahan :
Sumber Belajar : Buku geografi Kelas XII/1 LKS Geografi semester 1, Internet
Media : Peta/2 Dimensi
J. Evaluasi
Jenis : Ulangan harian
Bentuk : Tes Tertulis
Bentuk soal : Uraian (Essay)
Soal :
1. Apa pengertian peta menurut bahasamu sendiri?
2. Peta penambangan batu bara termasuk ke dalam peta?
3. Berikan contoh dan gambarkan itu min 5 gambar contoh legenda
TUGAS:
Identifikasi kelengkapan komponen Peta kabupaten masing-masing dan tunjukan penyebutan komponen peta menggunakan tanda panah, gambar diambil dari internet dan dan tempel di kertas manila dengan rapi!
Kunci Jawaban:
1. Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang
diperkecil dengan menggunakan skala.
2.Peta Tematik
3.
K. Penilaian
a. Penilaian Tes
Mengunakan penskoran, untuk setiap soal berbobot 0 – 50
b. Penilaian Tugas
Unsur yang dinilai: Kebermaknaan (50%), kelengkapan data(30%), ketepatan waktu (10%), dan kerapihan (10%).
c. Penilaian diskusi
Unsur yang dinilai: Keaktifan, kerjasama, penguasaan konsep, kemampuan analisa, mengungkapkan pendapat, argumentasi, menghargai pendapat orang lain.
L. Format Penilaian
1. Penilaian Tes
No
|
Nama Siswa
|
Skor
|
Total Skor
|
Ket.
|
|
1
|
2
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Keaktifan
|
Penyampaian Ide
|
Penguasaan konsep
|
Kemampuan analisa
|
Kerjasama
|
Menghargai pendpat orang lain
|
Total
Nilai
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Penilaian Tugas
No.
|
Nama
Siswa
|
Kebermaknaan
|
Kelengkapan Data
|
Ketepatan Waktu
|
Kerapihan
|
Total
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Brebes , November 2014
Mengetahui
Kepala SMA N 01 Larangan Brebes Guru Bidang studi,Siti Nurjanah
No comments:
Post a Comment